CATATAN
HARIAN DAN LAPORAN PENILAIAN
TUGAS
INDIVIDU, GRUP, KEAKTIFAN, UTS & UAS
MATA
KULIAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
SEMESTER III B (NON-REGULER)
Ketua Kelas: Nofli Endang Kasmayulis
Sekretaris: Masrizal
Bendahara: Bahtrik Desriani
Ketua Kelas: Nofli Endang Kasmayulis
Sekretaris: Masrizal
Bendahara: Bahtrik Desriani
***
Dosen Pengampu:
Mustakim JM, M.Pd.
PROGRAM STUDI
SASTRA DAERAH (MELAYU)
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS LANCANG KUNING
2018
***
SILABUS MATA KULIAH
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
1
|
Mata Kuliah
|
Kurikulum dan Pembelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Kode Mata Kuliah
|
SDM 015
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
SKS
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Semester
|
3
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Kompetensi
|
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa
mampu memahami hakekat, konsep, dan program kurikulum serta dapat
mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Deskripsi
|
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang
berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran yang berfungsi membekali
mahasiswa calon tenaga kependidikan dalam bidang pendidikan jasmani dengan
wawasan dan pemahaman yang diharapkan dapat membekali mereka untuk menjadi
guru penjas yang profesional. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini
berisi tentang konsep dasar, dimensi, hakekat, landasan, prinsip, sumber,
nilai rujukan, model, tujuan, standar kompetensi lulusan, standar isi, dan
pelaksanaan program kurikulum dan pembelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Pendekatan/
Metode
|
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Penugasan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Evaluasi
|
1. Tes Tulis
2. Tes Lisan
3. Unjuk Kerja
4. Portofolio
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Rincian Kegiatan
|
PEMBAGIAN TUGAS INDIVIDU, GRUP &; UTS
(tidak
berlaku untuk Ketua Kelas, Sekertaris dan Bendahara)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 1
|
Konsep Dasar dan Dimensi Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 2
|
Hakikat Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 3
|
Komponen Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 4
|
Sumber Kurikulum Mulo (Arab Melayu)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 5
|
Nilai Rujukan Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 6
|
Proses Pengembangan Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 7
|
Model-Model Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 8
|
Ujian Tengah Semeseter
Pertemuan 1-4, hari jumat 10.8.18 (jml. 14 org)
Pertemuan 5-8, hari sabtu 11.8.18 (jml. 14
orang)
Mahasiswa diminta pak fauzi seminar
internasional
Di aula pustaka pusat (konfirmasi by Nofli
& Batrix)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 9
|
Landasan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 10
|
Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 11
|
Pendekatan pengembangan kurikulum dan
pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 12
|
Evaluasi kurikulum dan pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 13
|
Inovasi kurikulum dan pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 14
|
Standar isi dan standar kelulusan kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 15
|
Pengembangan silabus dan RPP kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan 16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Menandatangni Absensi UAS & Mengerjakan Soal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10
|
Daftar Rujukan
|
a. Wajib
1. Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan
Pembelajaran. (2006). Kurikulum
dan Pembelajaran.
b. Anjuran
1. Sukmadinata, NS. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
2. Yuliawati, E, (2004) Kurikulum
dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya
Prakarya Pustaka,
3. Evaluasi Kurikulum.
P.T. Remaja Rosdakarya Bandung. Skillback, M (ed). (1984)
|
***
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah : Kurikulum
dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 1
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Konsep
dasar dan dimensi kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan dimensi kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan kurikulum dengan dimensi kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi kurikulum
-
Mahasiswa dapat menginterpretasikan peranan
kurikulum
9. Deskripsi :
-
Pengertian kurikulum
-
Dimensi kurikulum
-
Keterkaitan dimensi kurikulum dengan berbagai
pengertian kurikulum
-
Fungsi kurikulum
-
Interpretasi peranan kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 2
6. Waktu : 2 x 50
menit
7. Pokok Bahasan : Hakekat Kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan kurikulum
dalam perspektif pendidikan
-
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum dan
pembelajaran
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pola hubungan kurikulum
dan pembelajaran
9. Deskripsi :
-
Hakekat kurikulum
-
Kedudukan kurikulum dalam perspektif pendidikan
-
Perbedaan kurikulum dan pembelajaran
-
Pola hubungan kurikulum dan pembelajaran
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi : Ketercapaian
kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Komponen Kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen
kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang landasan
komponen-komponen pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen
pengembangan kurikulum dalam perencanaan program pembelajaran
-
Mahasiswa dapat menganalisis komponen-komponen
pengembangan kurikulum yang perlu dijadikan dasar pertimbangan dalam menyusun
program pembelajaran
9. Deskripsi :
-
Komponen kurikulum
-
Landasan kompen-komponen kurikulum
-
Identifikasi kompenen-komponen pengembangan
kurikulum sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 4
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Sumber
kurikulum MULOK
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum yang
bersumber dari akademis
-
Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum dari
individu siswa
-
Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum yang
bersumber dari masyarakat
-
Mahasiswa dapat menjelaskan desain dan rekayasa
kurikulum
9. Deskripsi :
-
Sumber kurikulum dari akademis
-
Sumber kurikulum dari individu siswa
-
Sumber kurikulum dari masyarakat
-
Desain dan rekayasa kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 5
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Nilai rujukan
kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum disciplinary mastery
-
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum
social recostruction
-
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum the
learning process
-
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum ecological
integration
-
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum di
Indonesia
9. Deskripsi :
-
Nilai rujukan kurikulum disciplinary mastery
-
Nilai rujukan kurikulum social reconstruction
-
Nilai rujukan kurikulum the learning process
-
Nilai rujukan kurikulum ecological integration
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 6
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Model pengembangan
kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembagan kurikulum the administrative model
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum the grass roots model
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembagan kurikulum the
demontration model
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum
interpersonal relations model
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum the
systematics action-research model
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum
emerging technical models
9. Deskripsi :
-
Pengembangan kurikulum the administrative model
-
Pengembangan
kurikulum the grass roots model
-
Pengembagan kurikulum the demontration model
-
Pengembangan kurikulum interpersonal relations model
-
pengembangan kurikulum the systematics
action-research model
-
pengembangan kurikulum emerging technical models
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 7
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Model-model
kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum
developmental education
-
Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum
humanistic education
-
Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum personal
meaning
9. Deskripsi :
-
Developmental Education
-
Humanistic Education
-
Personal Meaning
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
Yuliawati, E, (2004) Kurikulum
dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustak
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 9
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Landasan
pengembangan kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan filosofi
pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan psikologi
pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan sosiologis
pengembagan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan IPTEK pengembangan
kurikulum
9. Deskripsi :
-
Landasan filosofis pengembangan kurikulum
-
Landasan psikologis pengembangan kurikulum
-
Landasan sosiologis pengembangan kurikulum
-
Landasan IPTEK pengembangan kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 10
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip relevansi dalam
pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip fleksibilitas
dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip kontinuitas
dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip efektivitas dan
efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip khusus dalam
pengembangan kurikulum
9. Deskripsi :
-
Prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum
-
Prinsip fleksibilitas dalam pengembangankurikulum
-
Prinsip efektivitas
dan efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-
Prinsip
efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-
Prinsip khusus dalam pengembangan kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 11
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Pendekatan
pengembangan kurikulum penjasorkes
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan admnistratif
dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan top down
dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan grass root
dalam pengembangan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan demonstrasi
dalam pengembangan kurikulum
9. Deskripsi :
-
Pendekatan administratif dalam pengembangan
kurikulum
-
Pendekatan top down dalam pengembangan kurikulum
-
Pendekatan gras root dalam pengembangan kurikulum
-
Pendekatan demonstrasi dalam pengembangan kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006).
Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 12
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Evaluasi kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian evaluasi
dalam kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan evaluasi dalam kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep evaluasi dalam kurikulum
-
Mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai jeni
evaluasi serta fungsi dari setiap jenis evaluasi dalam kurikulum
9. Deskripsi :
-
Pengertian evaluasi dalam kurikulum
-
Tujuan evaluasi dalam kurikulum
-
Konsep evaluasi dalam kurikulum
-
Aplikasi berbgagi jenis evaluasi serta fungsi dari
setiap evaluasi dalam kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 13
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Inovasi
kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian inovasi dalam
kurikulum
-
Mahasiswa dapat mengidentifikasi unsur dan ciri
inovasi dalam kurikulum
-
Mahasiswa dapat mengadopsi dan melaksanakan inovasi
pendidikan dalam kurikulum
9. Deskripsi :
-
Pengertian inovasi dalam kurikulum
-
Mengidentifikasi unsur dan ciri inovasi dalam
kurikulum
-
Mengadopsi dan melaksanakan inovasi pendidikan dalam
kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006).
Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 14
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Standar isi
dan standar kompetensi lulusan kurikulum
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian standar isi
dan standar kompetensi lulusan kurikulum
-
Mahasiswa dapat mengidentifikasi standar isi dan
standar kompentesi lulusan kurikulum
-
Mahasiswa dapat menjabarkan standar isi dan standar
kompetensi lulusan kurikulum
9. Deskripsi :
-
Pengertian standar isi dan standar kompetensi
lulusan
-
Mengidentifikasi stadar isi dan standar kompetensi
lulusan kurikulum
-
Penjabaran standar isi dan standar kompetensi
lulusan kurikulum
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah : SDM 015
3. SKS : 2
4. Semester : 3
(ganjil)
5. Pertemuan ke : 15
6. Waktu : 2 x
50 menit
7. Pokok Bahasan : Pengembagan
silabus dan RPP
8. Kompetensi Dasar :
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian silabus dan
RPP
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip pengembangan
silabus dan RPP
-
Mahasiswa dapat menjelaskan unit waktu silabus dan
RPP
-
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan silabus dan
RPP
-
Mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah
pengembangan silabus dan RPP
-
Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur dan macam-macam
format silabus dan RPP
9. Deskripsi :
-
Pengertian silabus dan RPP
-
Prinsip pengembangan silabus dan RPP
-
Unit waktu silabus dan RPP
-
Pengembangan silabus dan RPP
-
Langkah-langkah pengembangan silabus dan RPP
-
Prosedur dan macam-macam format silabus dan RPP
10. Pendekatan :
-
Pembelajaran langsung
-
Diskusi
-
Penugasan
11. Evaluasi :
Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :
Tahapa Kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
Mengelola kelas
Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
|
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat,
bertanya, dan berdiskusi
|
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
|
13. Rujukan
Sukmadinata, NS. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
(2006). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press Bandung.
Yuliawati, E, (2004) Kurikulum
dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustaka
rujukan utama: file.upi.edu/.../SILABUS_MK._KURIKULUM_DAN_PEMBELAJARANx.pdf
di donlod pada hari kamis 09 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB di Polly Net Jl. Yos Sudarso KM 3 Rumbai Pekanbaru Riau
Nama : widia arisanti
BalasHapusNim : 1779211030
Anggota grub : ellen meiti
https://drive.google.com/file/d/1NEQMaNi0qS-_bgdQzHZWpEu0gXcv4_zU/view?usp=drivesdk
NAMA : PINA PANDUWINATA
BalasHapusNIM : 1779211033
Anggota grub : Emalia Yunita
https://drive.google.com/file/d/1ihuu7tJBcGLJyHzF-_898CXY1UiMtQv-/view?usp=drivesdk
NAMA:AIDIL SAPUTRA
BalasHapusNIM:1779211039
Anggota grub:Arvan
https://drive.google.com/file/d/1lVQLL2vdFgnOsXLiqjuFqqaA1k5ij9ac/view?usp=drivesdk
nama : Khairuna Hidayati
BalasHapusnim : -
Anggota grub : Icha (1779211041)
https://drive.google.com/file/d/1UzdPzm4L2XkNrH0Aa4mC5YDDfzjWoSu4/view?usp=drivesdk
Nama : Rini Agustin
BalasHapusNim : 1779211031
Anggota Grub : Fitri Wulandari (1779211027)
https://drive.google.com/file/d/1ybdT2eECP7Gwiclm_rRFyEurTcD-YzgN/view?usp=drivesdk