Jumat, 10 Agustus 2018

CATATAN KELAS III B PROGRAM STUDI SASTRA DAERAH (MELAYU) FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS LANCANG KUNING 2018


CATATAN HARIAN DAN LAPORAN PENILAIAN 
TUGAS INDIVIDU, GRUP, KEAKTIFAN, UTS & UAS
MATA KULIAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

SEMESTER III B (NON-REGULER)


Ketua Kelas: Nofli Endang Kasmayulis
Sekretaris: Masrizal
Bendahara: Bahtrik Desriani


***


Dosen Pengampu:

Mustakim JM, M.Pd.




PROGRAM STUDI SASTRA DAERAH (MELAYU)
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS LANCANG KUNING
2018

***


SILABUS MATA KULIAH
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN


1
Mata Kuliah
Kurikulum dan Pembelajaran
2
Kode Mata Kuliah
SDM 015
3
SKS
2
4
Semester
3
5
Kompetensi
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami hakekat, konsep, dan program kurikulum serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran   
6
Deskripsi
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran yang berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga kependidikan dalam bidang pendidikan jasmani dengan wawasan dan pemahaman yang diharapkan dapat membekali mereka untuk menjadi guru penjas yang profesional. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar, dimensi, hakekat, landasan, prinsip, sumber, nilai rujukan, model, tujuan, standar kompetensi lulusan, standar isi, dan pelaksanaan program kurikulum dan pembelajaran
7
Pendekatan/
Metode
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Penugasan
8
Evaluasi
1. Tes Tulis
2. Tes Lisan
3. Unjuk Kerja
4. Portofolio
9
Rincian Kegiatan
PEMBAGIAN TUGAS INDIVIDU, GRUP &; UTS
(tidak berlaku untuk Ketua Kelas, Sekertaris dan Bendahara)


Kegiatan 1

Konsep Dasar dan Dimensi Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
AIDIL SAPUTRA



ARPAN

























Kegiatan 2

Hakikat Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
DEDI ANDI



MUHAMMAD REDHO



























Kegiatan 3


Komponen Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
RINI AGUSTIN



FITRI WULANDARI



























Kegiatan 4


Sumber Kurikulum Mulo (Arab Melayu)

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
ICHA


80
KHAIRUNA HIDAYATI


80



























Kegiatan 5


Nilai Rujukan Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
AY RIANDI YANDRA



(ijin tidak hadir, utusan



Kab bengkalis, khat)























Kegiatan 6


Proses Pengembangan Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
ELLEN MEITI



WIDIA ARISANTI



























Kegiatan 7


Model-Model Kurikulum

Nama
Nilai
Individu
Grup
UTS
PINA PANDUWINATA



EMALIA YUNITA
























Kegiatan 8
Ujian Tengah Semeseter
Pertemuan 1-4, hari jumat 10.8.18 (jml. 14 org)
Pertemuan 5-8, hari sabtu 11.8.18 (jml. 14 orang)
Mahasiswa diminta pak fauzi seminar internasional
Di aula pustaka pusat (konfirmasi by Nofli & Batrix)


Kegiatan 9
Landasan pengembangan kurikulum dan pembelajaran

Kegiatan 10
Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan pembelajaran

Kegiatan 11
Pendekatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran

Kegiatan 12
Evaluasi kurikulum dan pembelajaran

Kegiatan 13
Inovasi kurikulum dan pembelajaran

Kegiatan 14
Standar isi dan standar kelulusan kurikulum

Kegiatan 15
Pengembangan silabus dan RPP kurikulum



Kegiatan 16



UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

Menandatangni Absensi UAS & Mengerjakan Soal


10
Daftar Rujukan
a. Wajib
1. Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. 
b. Anjuran
1. Sukmadinata, NS. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja  Rosdakarya.
2.  Yuliawati, E, (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustaka,
3.  Evaluasi Kurikulum. P.T. Remaja Rosdakarya Bandung. Skillback, M (ed). (1984)


***


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 1
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Konsep dasar dan dimensi kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian  kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan dimensi  kurikulum   
-          Mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan  kurikulum dengan dimensi kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi kurikulum
-          Mahasiswa dapat menginterpretasikan peranan kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Pengertian kurikulum
-          Dimensi kurikulum
-          Keterkaitan dimensi kurikulum dengan berbagai pengertian kurikulum
-          Fungsi kurikulum
-          Interpretasi peranan kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan
11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 2
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Hakekat Kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan kurikulum dalam perspektif pendidikan
-          Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum dan pembelajaran
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pola hubungan kurikulum dan pembelajaran
9. Deskripsi                 :
-          Hakekat kurikulum
-          Kedudukan  kurikulum dalam perspektif pendidikan
-          Perbedaan kurikulum dan pembelajaran
-          Pola hubungan kurikulum dan pembelajaran
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar



13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Komponen Kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan tentang landasan komponen-komponen pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen pengembangan kurikulum dalam perencanaan program pembelajaran
-          Mahasiswa dapat menganalisis komponen-komponen pengembangan kurikulum yang perlu dijadikan dasar pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran
9. Deskripsi                 :
-          Komponen kurikulum
-          Landasan kompen-komponen kurikulum
-          Identifikasi kompenen-komponen pengembangan kurikulum sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan
11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 4
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Sumber kurikulum MULOK
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum yang bersumber dari akademis
-          Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum dari individu siswa
-          Mahasiswa dapat menjelaskan sumber kurikulum yang bersumber dari masyarakat
-          Mahasiswa dapat menjelaskan desain dan rekayasa kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Sumber kurikulum dari akademis
-          Sumber kurikulum dari individu siswa
-          Sumber kurikulum dari masyarakat
-          Desain dan rekayasa kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar


13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 5
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Nilai rujukan kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum  disciplinary mastery
-          Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum social recostruction   
-          Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum the learning process
-          Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum ecological integration
-          Mahasiswa dapat menjelaskan nilai rujukan kurikulum di Indonesia
9. Deskripsi                 :
-          Nilai rujukan kurikulum disciplinary mastery
-          Nilai rujukan kurikulum social reconstruction
-          Nilai rujukan kurikulum the learning process
-          Nilai rujukan kurikulum ecological integration
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan
11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 6
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Model pengembangan kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembagan  kurikulum the administrative model
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan  kurikulum the grass roots model  
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembagan kurikulum the demontration model
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum interpersonal relations model
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum the systematics action-research model
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan kurikulum emerging technical models
9. Deskripsi                 :
-          Pengembangan kurikulum the administrative model
-          Pengembangan  kurikulum the grass roots model
-          Pengembagan kurikulum the demontration model
-          Pengembangan kurikulum interpersonal relations model
-          pengembangan kurikulum the systematics action-research model
-          pengembangan kurikulum emerging technical models
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja

12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.




SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 7
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Model-model kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum developmental education
-          Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum humanistic education 
-          Mahasiswa dapat menjelaskan model kurikulum personal meaning
9. Deskripsi                 :
-          Developmental Education
-          Humanistic Education
-          Personal Meaning
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja


12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.
Yuliawati, E, (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustak



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 9
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Landasan pengembangan kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan landasan filosofi pengembangan kurikulum 
-          Mahasiswa dapat menjelaskan landasan psikologi pengembangan  kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan landasan sosiologis pengembagan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan landasan IPTEK pengembangan kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Landasan filosofis pengembangan kurikulum
-          Landasan psikologis pengembangan kurikulum
-          Landasan sosiologis pengembangan kurikulum
-          Landasan IPTEK pengembangan kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja

12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 10
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip kontinuitas dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip efektivitas dan efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip khusus dalam pengembangan kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum
-          Prinsip fleksibilitas dalam pengembangankurikulum
-          Prinsip  efektivitas dan efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-          Prinsip  efisiensi dalam pengembangan kurikulum
-          Prinsip khusus dalam pengembangan kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan
11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 11
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Pendekatan pengembangan kurikulum penjasorkes
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan admnistratif dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan top down dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan grass root dalam pengembangan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan demonstrasi dalam pengembangan kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Pendekatan administratif dalam pengembangan kurikulum
-          Pendekatan top down dalam pengembangan kurikulum
-          Pendekatan gras root dalam pengembangan kurikulum
-          Pendekatan demonstrasi dalam pengembangan kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 12
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Evaluasi kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian evaluasi dalam kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan evaluasi dalam kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjelaskan konsep evaluasi dalam  kurikulum
-          Mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai jeni evaluasi serta fungsi dari setiap jenis evaluasi dalam kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Pengertian evaluasi dalam kurikulum
-          Tujuan evaluasi dalam kurikulum
-          Konsep evaluasi dalam kurikulum
-          Aplikasi berbgagi jenis evaluasi serta fungsi dari setiap evaluasi dalam kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 13
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Inovasi kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian inovasi dalam kurikulum
-          Mahasiswa dapat mengidentifikasi unsur dan ciri inovasi dalam kurikulum
-          Mahasiswa dapat mengadopsi dan melaksanakan inovasi pendidikan dalam kurikulum

9. Deskripsi                 :
-          Pengertian inovasi dalam kurikulum
-          Mengidentifikasi unsur dan ciri inovasi dalam kurikulum
-          Mengadopsi dan melaksanakan inovasi pendidikan dalam kurikulum

10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja

12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 14
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Standar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian standar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum
-          Mahasiswa dapat mengidentifikasi standar isi dan standar kompentesi lulusan kurikulum
-          Mahasiswa dapat menjabarkan standar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum
9. Deskripsi                 :
-          Pengertian standar isi dan standar kompetensi lulusan
-          Mengidentifikasi stadar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum
-          Penjabaran standar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum
10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar
13. Rujukan

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah            : Kurikulum dan Pembelajaran
2. Kode Mata Kuliah  : SDM 015
3. SKS                         : 2
4. Semester                  : 3 (ganjil)
5. Pertemuan ke          : 15
6. Waktu                     : 2 x 50 menit
7. Pokok Bahasan       : Pengembagan silabus dan RPP
8. Kompetensi Dasar   :
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian silabus dan RPP
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip pengembangan silabus dan RPP 
-          Mahasiswa dapat menjelaskan unit waktu silabus dan RPP
-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan silabus dan RPP
-          Mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengembangan silabus dan RPP
-          Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur dan macam-macam format silabus dan RPP

9. Deskripsi                 :
-          Pengertian silabus dan RPP
-          Prinsip pengembangan silabus dan RPP   
-          Unit waktu silabus dan RPP
-          Pengembangan silabus dan RPP
-          Langkah-langkah pengembangan silabus dan RPP
-          Prosedur dan macam-macam format silabus dan RPP

10. Pendekatan           :
-          Pembelajaran langsung
-          Diskusi
-          Penugasan

11. Evaluasi                 : Ketercapaian kompetensi dasar dinilai melalui tugas dan
                                      unjuk kerja
12. Kegiatan pembelajaran :

Tahapa Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Pendahuluan

Penyajian


Penutup
Mengelola kelas

Menjelaskan, mengarahkan, menugaskan dan mereview materi
Mempersipakan diri mengikuti perkuliahan, dan siap untuk mencatat, bertanya, dan berdiskusi
Papan tulis
Infocus
Laptop
Bahan ajar

13. Rujukan

Sukmadinata, NS. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja  Rosdakarya.  
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan   Pembelajaran. UPI Press Bandung.
Yuliawati, E, (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustaka

rujukan utama:  file.upi.edu/.../SILABUS_MK._KURIKULUM_DAN_PEMBELAJARANx.pdf
di donlod pada hari kamis 09 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB di Polly Net Jl. Yos Sudarso KM 3 Rumbai Pekanbaru Riau
                       


5 komentar:

  1. Nama : widia arisanti
    Nim : 1779211030
    Anggota grub : ellen meiti
    https://drive.google.com/file/d/1NEQMaNi0qS-_bgdQzHZWpEu0gXcv4_zU/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  2. NAMA : PINA PANDUWINATA
    NIM : 1779211033
    Anggota grub : Emalia Yunita
    https://drive.google.com/file/d/1ihuu7tJBcGLJyHzF-_898CXY1UiMtQv-/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  3. NAMA:AIDIL SAPUTRA
    NIM:1779211039
    Anggota grub:Arvan

    https://drive.google.com/file/d/1lVQLL2vdFgnOsXLiqjuFqqaA1k5ij9ac/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  4. nama : Khairuna Hidayati
    nim : -
    Anggota grub : Icha (1779211041)

    https://drive.google.com/file/d/1UzdPzm4L2XkNrH0Aa4mC5YDDfzjWoSu4/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  5. Nama : Rini Agustin
    Nim : 1779211031
    Anggota Grub : Fitri Wulandari (1779211027)

    https://drive.google.com/file/d/1ybdT2eECP7Gwiclm_rRFyEurTcD-YzgN/view?usp=drivesdk

    BalasHapus